Kiat-Kiat Praktis Mencegah Jerawat

Kiat-Kiat Praktis Mencegah Jerawat
Duniainformasikesehatan.com - Jerawat dan cara menanganinya memang topik yang tidak ada matinya, apalagi jerawat yang muncul di usia dewasa bisa menurunkan kepercayaan diri.

Menghilangkan jerawat membutuhkan kesabaran ekstra, tapi ada cara-cara sederhana yang bisa Anda coba untuk mencegah jerawat atau menghilangkannya. 

Di bawah ini, kami mengumpulkan empat kiat praktis untuk memiliki kulit sehat bebas jerawat.

1. Jauhkan tangan dari wajah

Jerawat memang menyebalkan dan karena Anda ingin segera menyingkirkannya, Anda pun memutuskan untuk memencetnya. Anda sebaiknya tidak melakukannya karena:

· Ada jutaan kuman di tangan Anda. Jika Anda sering menyentuh wajah, kuman-kuman ini akan berpindah ke wajah dan bisa menyebabkan jerawat. Selain itu, jika ada kulit yang terluka (misalnya karena kuku), kuman-kuman ini justru akan menyebabkan infeksi dan menjadikan jerawat semakin merajalela.

· Memencet jerawat akan meinggalkan bekas di kulit yang baru akan pudar setelah berbulan-bulan atau tidak sama sekali.

Jika Anda harus menyentuh wajah, misalnya untuk mengaplikasikan produk perawatan atau make up, cuci tangan secara menyeluruh sebelumnya. Tahukah Anda bahwa terdapat 7 langkah cuci tangan yang benar? Sepertinya memang berlebihan, tetapi mengikuti ke-7 langkah cuci tangan ini secara telaten akan membantu usaha Anda mencegah jerawat dan mengobatinya.


2. Jangan mencuci wajah terlalu sering

Nasihat ini terdengar kontraproduktif karena orang yang berjerawat biasanya memiliki wajah berminyak yang "menarik" debu. Mencuci wajah terlihat sebagai solusi yang logis.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa minyak yang diproduksi kulit berfungsi menjaga kelembapan kulit? Jadi ketika Anda mencuci wajah terlalu sering, kelembapan ini hilang, dan kulit akan berusaha memproduksi minyak lebih banyak lagi. Anda pun terjebak dalam lingkaran "semakin dicuci semakin berminyak".

Dokter kulit menganjurkan mencuci muka dua kali sehari, pagi ketika Anda bangun dan malam sebelum tidur. Hapus semua make up terlebih dahulu dan gunakan produk pembersih yang hipoalergenik atau untuk kulit sensitif. Setelah mencuci wajah, gunakan pelembap yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak. Mengoleskan minyak tea tree di atas jerawat bisa membantu mengurangi peradangan dan meredakan warnanya yang kemerahan.

3. Makan makanan sehat

Apa yang kita makan berpengaruh sangat besar terhadap penampilan kita. Untuk menghindari atau menghentikan jerawat tumbuh subur, sebenarnya Anda cukup mengikuti pola makan yang sehat dan bergizi:

· Minum air 2 liter per hari untuk mengeleminasi racun dalam tubuh secara optimal.

· Hindari makanan berkadar gula dan karbohidrat prosesan tinggi seperti donat, cokelat batangan, roti manis, dan sebagainya. Gula dan karbohidrat prosesan memperparah kondisi jerawat.

· Perbanyak makanan kaya serat seperti buah dan sayur. Serat membantu metabolisme tubuh dalam proses pembuangan racun.

· Ada mitos yang mengatakan bahwa orang yang sering berjerawat tidak boleh makan makanan berlemak. Mitos ini tidak benar karena lemak merupakan elemen yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun, ada lemak yang bersifat baik dan yang kurang baik. Hindari lemak yang berasal dari makanan yang digoreng dan konsumsi lemak yang berasal dari bahan alami seperti kacang-kacangan atau ikan.

4. Jaga kebersihan barang-barang yang menyentuh wajah

Meskipun Anda telah berhasil tidak menyentuh wajah dengan tangan, tetap saja ada barang-barang yang menyentuh wajah sepanjang hari. Perhatikan agar barang-barang ini tetap bersih dan tidak membantu penyebaran kuman di wajah Anda.

· Ganti seprai dan sarung bantal sekali seminggu. Penelitian menunjukkan bahwa seprai dan sarung bantal mengandung kuman yang bisa menyebabkan dan memperparah jerawat.

· Bersihkan ponsel pintar Anda sesering mungkin dan hindari menggunakannya di toilet. Jika memungkinkan, gunakan kabel handsfree agar Anda tidak perlu menempelkannya ke wajah.

· Jika Anda memiliki rambut panjang, jaga kebersihannya dan pastikan rambut tidak menempel di wajah karena rambut berpotensi memindahkan debu ke kulit wajah.

· Bersihkan kuas make up dengan produk berbasis alkohol untuk membunuh kuman. Jangan lupa juga membersihkan gagang kaca mata dan mencuci baju berkerah tinggi dan syal secara rutin.

Mencegah agar jerawat tidak muncul atau datang kembali membutuhkan usaha, namun ketika Anda telah menjadikannya sebagai kebiasaan, hal ini tidak akan terlihat berat. Apalagi jika Anda melihat hasilnya setelah beberapa minggu.

Akan tetapi, ketahuilah bahwa ada jerawat yang bersifat hormonal dan tidak bisa disembuhkan dengan kiat-kiat di atas. Jenis ini sering disebut jerawat batu dengan ciri-ciri besar, merah, dan menutupi sebagian besar permukaan wajah. Meskipun begitu, Anda tetap di dianjurkan mengikuti kiat-kiat kami ini dan berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top