Manfaat Bermain Sepeda Roda Tiga untuk Anak

Manfaat Bermain Sepeda Roda Tiga untuk Anak
Duniainformasikesehatan.com - Memiliki anak yang aktif tentu menyenangkan apalagi jika dibarengi dengan tubuh yang sehat. Pada usia batita, anak memang sedang dalam masa yang paling aktif bergerak. Mereka akan penasaran untuk mencoba hal-hal baru namun Anda sebagai orangtua juga harus pandai memperhatikan dan memandu anak agar pertumbuhannya sesuai umur. Anda pun bisa mengajarkan hal-hal baru yang membuat mereka aktif untuk bergerak misalnya olahraga atau bermain sepeda.

Untuk Anda yang memiliki anak batita, Anda bisa mulai mengajarkan cara mengendarai sepeda roda tiga. Sepeda roda tiga merupakan sepeda tahap pertama bagi si kecil dan biasanya mulai digunakan oleh anak umur 3 tahun. Ternyata dengan bermain sepeda roda tiga banyak manfaat yang akan mendukung tumbuh kembang si anak. Apa saja manfaatnya? Yuk simak.

Belajar Mengenal Arah

Anak akan bisa mulai belajar mengenal arah saat mengendarai sepeda. Anda sebagai orangtua bisa mengenalkan nama-nama arah seperti depan, belakang, kiri, dan kanan saat bermain sepeda bersama anak. Sesekali beri perintah seperti ‘belok kiri’, ‘maju ke depan’, atau ‘putar ke kanan’ agar anak bisa lebih cepat mengerti dan juga akan meningkatkan kemampuan anak dalam berkonsentrasi.

Meningkatkan Kemampuan Motorik

Untuk batita berumur 3-4 tahun kemampuan motoriknya masih terbatas, untuk itu harus selalu dilatih agar tumbuh kembangnya juga tidak terhambat. Dengan belajar mengendarai sepeda, anak akan mampu meningkatkan kemampuan motoriknya karena semua bagian motorik anak akan bekerja. Seperti kaki untuk mengayuh sepeda dan tangan untuk mengarahkan arah stang sepeda. Anak pun akan lebih aktif dan fisiknya lebih kuat.

Mengasah Ketangkasan

Saat belajar mengendari sepeda roda tiga, anak akan berlatih untuk menyeimbangkan laju sepeda agar tidak terjatuh sehingga bisa mengasah ketangkasannya. Selain itu, saat bermain sepeda tentu anak akan menjumpai beberapa hambatan misalnya saja kesulitan berjalan di jalan berbatu, berbelok, dan lainnya. Disaat menemui hambatan, anak juga akan belajar mengambil keputusan untuk mengatasi hambatan tersebut.

Meningkatkan Kemampuan Berkoordinasi

Manfaat selanjutnya adalah dapat meningkatkan kemampuan si kecil dalam berkoordinasi. Saat mengendarai sepeda, anak akan aktif menggerakan kaki untuk mengayuh sepeda. Hal ini dapat membantu meningkatkan koordinasi sistem kerja tubuh antara otak dan gerakan kaki kanan kiri yang bergerak secara bergantian.

Merangsang Pertumbuhan Tulang

Bermain sepeda roda tiga ternyata juga bisa bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan tulang anak, lho. Terutama untuk tulang paha, tungkai dan telapak yang aktif mengayuh sepeda. Pada bagian tulang tersebut, terdapat jaringan tulang yang dapat tumbuh membesar dan memanjang yang disebut dengan garis epiphyseal. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi tinggi batita nantinya.

Ternyata banyak ya manfaat dari bermain sepeda untuk anak batita. Jika Anda tertarik untuk membelikan si kecil sepeda roda tiga, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut agar tidak salah saat membeli sepeda yang cocok untuk buah hati kesayangan

- Pilih sepeda dengan merk yang sudah terbukti kualitasnya. Memang harganya akan lebih mahal namun kualitasnya pun akan lebih awet tidak gampang rusak.

- Perhatikan bahan sepeda. Anda bisa memilih sepeda dari bahan aluminium ataupun plastik. Untuk anak yang masih berumur 3 tahun sebaiknya pilih yang berbahan plastik agar lebih aman saat dipakai.

- Tentukan budget Anda. Setelah budget ditentukan Anda bisa mulai mencari sepeda anak roda tiga yang sesuai dengan budget Anda. Untuk lebih hemat, Anda bisa membelinya di MatahariMall.com karena toko online yang satu ini sering memberikan promo hemat untuk pengunjungnya.

- Libatkan anak dalam memilih sepeda. Sepeda merupakan kendaraan bagi anak yang bisa dibanggakan di depan temannya untuk itu sebaiknya libatkan anak dalam memilih sepeda agar mendapatkan sepeda yang sesuai dengan keinginan anak. (*)
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top