10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami
Duniainformasikesehatan.com - Bau kaki adalah hal yang biasa terjadi ketika kita memakai sepatu tertutup dalam waktu yang lama. Saat kita sedang memakai sepatu memang tidak terasa baunya, namun ketika kita melepas sepatu, barulah kita sadar bahwa kaki kita bau. 

Masih mending ketika membuka sepatunya di rumah? Bagaimana jika di tempat umum? Orang-orang di sekitar Anda pasti beranggapan bahwa Anda orang yang jorok karena bau kaki Anda yang menyengat.

Gak enak bangetkan ketika orang-orang di sekitar Anda, menuduh Anda sebagai orang jorok karena bau kaki yang menyengat? Bau kaki memang bisa menyerang siapa saja. Tapi apa sih penyebab bau kaki sebenarnya? Yuk simak selengkapnya dibawah ini :


1. Menggunakan sepatu yang sama setiap hari tanpa menjemur dan membersihkan kaki sebelum dan sesudah memakai sepatu.

2. Kurang menjaga kebersihan baik kebersihan kaki, kaos kaki, dan sepatu.

3. Perubahan hormon yang menyebabkan produksi keringat naik. Biasanya terjadi pada remaja.

4. Stress berlebihan

5. Kondisi khusus, hyperhidrosis, di mana biasanya seseorang berkeringat lebih banyak dibandingkan orang-orang pada umumnya.

Jika Anda terlanjur memiliki bau kaki yang menyengat, sebaiknya Anda segera mencari cara untuk menghilangkan bau kaki Anda, agar Anda lebih percaya diri dan orang-orang di sekitar anda tidak lagi terganggu dengan bau kaki Anda yang menyengat. Ada pun cara menghilangkan bau kaki tidak sedap bisa anda lihat dibawah ini :

1. Lemon

Lemon tidak hanya bermanfaat sebagai perawatan kecantikan saja, namun juga sebagai obat herbal yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain ke dua manfaat tersebut, lemon juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki yang ampuh karena terdapat kandungan anti-bakterial yang dapat membasmi bakteri penyebab bau pada kaki Anda. Caranya mudah, Anda perlu memeras 6 buah lemon. Kemudian campurkan dengan 1 baskom air hangat. Rendam kaki selama 15 menit agar bakteri penyebab bau kaki mati.

2. Baking Soda

Baking soda atau soda ue sudah terbukti untuk menghilangkan bakteri. Selain itu baking soda sering digunakan oleh banyak orang sebagai perawatan kecantikan dan lainnya. Oleh karena itu, baking soda ampuh untuk membasmi bakteri penyebab bau kaki.

Caranya adalah dengan mencampurkan ¼ gelas baking soda dengan air 1 baskom. Tunggu hingga baking soda larut. Kemudian rendam kaki selama menit. Setelah selesai bilas dengan handuk bersih.

3. Obat Kumur

Aneh memang jika obat kumur yang biasa digunakan berkumur menggunakan mulut malah digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki. Hal ini dikarenakan obat kumur memang diperuntukkan untuk membasmi bakteri. Oleh karena itu obat kumur berguna pula sebagai cara menghilangkan bau kaki. Caranya cukup dengan mencampurkan ½ botol obat kumur kemasan 250 ml dengan 1 baskom air. Kemudian rendam kaki selama 15 menit.

4. Cuka

Cuka dengan kadar asam yang tinggi juga efektif untuk membunuh kuman penyebab bau pada kaki. Caranya adalah dengan mencampur ½ gelas cuka dengan 1 baskom air lalu rendam kaki selama 15 menit.

5. Garam

Cara menghilangkan bau kaki dengan garam memang sudah banyak diketahui orang. Garam berfungsi untuk mengurangi kelembapan pada kaki dan juga membasmi bakteri penyebab bau kaki. Caranya pun mudah, campurkan garam dengan 1 baskom air hangat lalu rendam kaku selama 20 menit. Lakukan setiap hari.

6. Sabun anti-bakteri

Sesuai dengan labelnya, sabun anti-bakteri diperuntukkan untuk membasmi bakteri penyebab masalah kesehatan pada tubuh seperti bau kaki. Anda perlu untuk rajin membersihkan kaki Anda menggunakan sabun anti-bakteri setiap hari dua kali sehari. Bersihkanlah dengan betul-betul hingga ke sela-sela jari kaki Anda.

7. Sabun mint

Mint, seperti sudah kita ketahui merupakan bahan yang lazim digunakan untuk menyegarkan mulut. Memang nggak biasa sih kalau digunakan pada kaki. Namun nyatanya dengan rutin mencuci kaki menggunakan sabun mint, maka bau kaki akan hilang dengan sendirinya.

8. Deodorant

Cara ini terkesan aneh memang, karena kita terbiasa menggunakan deodoran pada ketiak. Namun, seperti kita ketahui bahwa deodoran digunakan sebagai penghilang bau ketiak, maka bisa pula digunakan pada kaki sebagai cara menghilangkan bau kaki. Tapi tentu saja Anda harus membedakan mana deodoran yang Anda gunakan untuk ketiak dan deodoran yang digunakan untuk kaki. Rajin gunakan deodoran setiap kali Anda hendak menggunakan sepatu.

9. Antiperspirant

Perlu diketahui bahwa deodoran dan antiperspirant adalah dua hal yang berbeda. Deodoran hanya diperuntukkan untuk menghilangkan atau mencegah bau badan saja, sedangkan antiperspirants digunakan sebagai penghilang bakteri penyebab bau badan dan juga pengontrol keringat. Penggunaannya sama dengan deodoran, gunakan setiap kali hendak memakai sepatu.

10. Spray penghilang bau kaki

Tentu saja seperti namanya, spray penghilang bau kaki digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Gunakan secara rutin agar bau kaki segera hilang. (Merdeka)
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top